'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Ngaji Bersama Sahabat Tuna Rungu dan Tuna Netra
09 Mei 2021 20:55 WIB | dibaca 161

Surabaya - Dakwah Aisyiyah tak pernah berhenti untuk bergerak dan berinovasi, meski di tengah pandemi covid-19 yang membatasi perjumpaan secara jamaah. Maka dengan memaksimalkan media dan teknologi digunakanlah cara dakwah virtual melalui akun resmi youtube Aisyiyah Surabaya

Tema "Tauhid" yang dibawakan oleh Ustadzah Hj. Rohmatul Ummah, M.Pd.I sebagai narasumber diterjemahkan oleh Nur Hidayah ,M.Kes dengan menggunakan bahasa isyarat sangat membantu pemahaman jamaah atau penonton khususnya mereka yang berkebutuhan khusus penyandang tuna rungu. Sementara audio yang keluar dari suara ustadzah Hj. Rohmatul Ummah M.Pd.I membantu penyandang tuna netra untuk bisa mengaji pula.

Kolaborasi yang sangat bagus ini menjadi sempurna antara Indra pendengar, penglihatan dan pemahaman yang dirasa jamaah dengan tambahan teks di layar sebagai bagian literasi bagi semua kalangan, termasuk para ABK.

Tak ada kesulitan yang berarti kala nara sumber utama menyampaikan kata demi kata maupun ayat demi ayat. salah satunya ketika Ustadzah Hj. Rohmatul Ummah, M.Pd.I menyampaikan "Maka berjalanlah kamu dI bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul)" diperagakan dengan baik melalui isyarat tangan, dan gerak bibir mengikuti bahasa isyarat yang memudahkan para disabilitas tuna rungu untuk memahami isi kajian, didukung pula dengan tulisan di layar kaca diharapkan dapat lebih membantu mereka untuk semakin menghayati materi kajian

Nurila Romadhoni selaku Pimpinan Daerah Aisyiyah kota Surabaya menyatakan "Untuk menemukan kemasan kolaborasi ini perlu waktu yang lumayan panjang. Alhamdulillah, upaya kami mendapat respon jamaah luar biasa sehingga dalam waktu beberapa hari subscribe channel aisyiyahsby naik". Tuturnya (Bunda Tri)

Shared Post:
Berita Terbaru