'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Literasi Media "Bijak di Era Disrupsi Informasi"
27 Juni 2021 08:14 WIB | dibaca 84
Surabaya -Seri webinar pertama yang diselenggarakan oleh LPPA PWA Jawa Timur yang sangat asyik ini, sarat ilmu, manfaat dan menambah wawasan dengan narasumber ahlinya ahli membuat seratus lima puluh partisipan meeting zoom anggota perwakilan Lembaga Kebudayaan PDA kabupaten kota se Jawa Timur tak beranjak mengikuti jalannya webinar pada Kamis siang, 24/6/2021
 
Bedah buku karya Putri Aisyiyah RD  berawal dari keberadaan Majalah Walidah Aisyiyah, yang merupakan bentuk kegelisahan literasi. Kalau dulu kita membaca kertas, saat ini sumber bacaan bisa diperoleh lewat smartphone. Banyak informasi yang berseliweran, termasuk berita hoax dan lain-lain yang harus kita pahami cara mengatasinya.
 
Dari buku ini bisa tahu apa artinya istilah-istilah baru yang sedang ngetren saat ini terkait teori-teori informasi digital yang dibahasakan dengan sangat sederhana oleh penulis sehingga bisa dipahami dengan sangat mudah.
 
Saat ini minat pembaca majalah atau media cetak sudah sangat sedikit karena berita sudah ada di tangan, jika ingin tahu informasi tinggal klik saja, maka dalam hitungan detik akan didapatkan informasi tersebut dengan mudah dan cepat.
 
Cermat dan teliti dalam membaca dan bermedia sosial sangat diperlukan agar tidak terjebak dalam berita hoax yang sangat merugikan, seperti pesan Ibu Dra. Hj. Siti Dalilah Candrawati, Ketua PWA Jawa Timur agar kita bertabayyun terlebih dahulu sesuai firman Allah SWT di dalam Al-Qur'an.
 
"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu".(QS: Al Hujurat:6)
 
Ibu Rukmini menegaskan pula dalam kesempatannya mengikuti webinar "Tabayyun memang sangat penting agar kita tidak terjebak pada berita hoax dan jatuhnya bisa fitnah". Ungkapnya
 
Buku yang sangat bagus karya aktifis Aisyiyah di LPPA PWA Jawa Timur yang dikupas oleh narasumber wartawan senior Dr. Rohman Budijanto, SH, MH  ini bisa diperoleh di pusar koperasi Puskop) BUEKA as Sakinah Jawa Timur dengan harga terjangkau dan sangat direkomendasikan sebagai bacaan yang bermutu. (Bunda Tri)
Shared Post:
Berita Terbaru